TV Online

Selasa, 29 Maret 2011

Matematik, gue suka itu

B. Study : Matematika
Tokoh-Tokoh Matematika :
• Rene' Descartes
• Augustin-Louis Cauchy
• Gottfried Wihelm Leibniz
Rene’ Descartes
• Rene’ Descartes (1596-1650) seorang ahli matematika dan filsafat berkebangsaan Perancis. Dalam bahasa latin Rene’ Descartes dikenal dengan nama Renatus Cartesius. Atas jasa kepeloporannya, sehingga perkalian himpunan {A} x {B} dinyatakan dalam produk kartesius.
• Misalkan A={1,2,3} dan B={m,n}
maka 1. A x B {(1,m)(1,A)(2,m)(2,n)(3,m)(3,n)}
2. B x B {(m,m)(m,n)(n,m)(m,n)}
3. B x A {(m,1)(m,2)(m,3)(n,1)(n,2)(n,3)}
Augustin- Louis Cauchy
• Augustin-Louis Cauchy (1789-1857) seorang ahli matematika berkebangsaan Perancis, berhasil menguraikan dasar-dasar kalkulus yang didefinisikan secara jelas berdasarkan konsep-konsep limit.
Limit fungsi merupakan bagian dari pengantar kalkulus (hitung difensial dan hitung integral); artinya limit fungsi sebagai persyaratan untuk mempelajari kalkulus.
Gottfried Wihelm leibniz
• Gottfried Wilhelm Leibniz (1646-1716) seorang ahli matematika berkebangsaan Jerman adalah orang yang pertama yang mengenalkan notasi lain untuk turunan notasi itu dituliskan sebagai berikut:
df atau dy
dx dx
Notasi ini dikenal sebagai notasi leibniz untuk turunan dalam ilmu-ilmu terapan seperti kimia, fisika, dan ekonomi notasi leibniz masih banyak digunakan.
Ketika ia mendemonstrasikan kalkulus integral untuk pertama kalinya untuk menghitung luas daerah dibawah fungsi y=x ia memperkenalkan beberapa notasi yang tetap digunakan sampai sekarang sebagai contoh simbol integral / yang merupakan modifikasai dari huruf (S) diambil dari kata latin “Summaâ€',

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...